Perbedaan Epilepsi Dengan Kejang Demam Pada Anak

Menurut dokter Made, “Kejang Demam sangat sering sekali menyerang anak-anak. Menurut IDAI, hampir 2-5% kejang demam terjadi pada anak usia 6 bulan sampai 5 tahun. Kejang juga sebenarnya adalah penyakit yang menakutkan, tetapi cenderung tidak terlalu membahayakan. Orang tua juga pastinya akan panik jika anaknya mengalami kejang.

Kejang Demam

Apa itu Kejang Demam? penyakit ini adalah kejang-kejang yang terjadi pada seorang bayi atau anak yang sedang mengalami demam tinggi tanpa infeksi sistem saraf pusat. Jenis kejang ini biasanya muncul pada awal-awal demam. Cirinya anak akan terlihat aneh tidak seperti biasanya, kemudian kaku, dan matanya berputar.

Menurut dokter “nafas anak akan terganggu, anak tidak responsif untuk beberapa waktu, kulit menjadi lebih gelap.” Setelah masa kejang berakhir, anak akan normal kembali. Biasanya kejang akan berdurasi kurang dari 1 menit, walaupun jarang terkadang ada juga kejangnya yang sampai 15 menit lebih.

Jenis kejang demam ini sebenarnya ada 2, diantaranya :

Simple Febrile Seizures atau Kejang Demam Sederhana adalah kejang yang menyeluruh yang berlangsung kurang dari 15 menit dan tidak akan terjadi lagi dalam 24 jam.

Complex Febrile Seizures atau Kejang Demam Kompleks adalah kejang yang hanya menyerang salah satu bagian tubuh dan berlangsung kurang dari 15 menit, akan terjadi berulang dalam waktu singkat selama demam masih tinggi.

Baca juga : Cara Mengatasi Kejang Pada Anak

Walaupun gejalanya sama, Kejang Demam ini sangat beda dengan Epilepsi. Berikut dibawah ini kami akan menginformasikan beberapa faktor yang menjadi penyebab terjadinya kejang demam berulang :

  • Genetik atau turunan dari keluarga.
  • Usia kurang dari 15 bulan saat kejang demam pertama.
  • Riwayat demam yang sering.
  • Kejang demam terjadi saat suhu tubuh sudah relatif normal.

Resiko terjadinya kejang demam berulang adalah 10% tanpa adanya faktor risiko, 25% dengan 1 faktor risiko, 50% dengan 2 faktor risiko, dan bisa mencapai 100% dengan 3 faktor risiko.

Epilepsi Obat | Perbedaan Epilepsi Dengan Kejang Demam

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: