Wilder Penfield Sang Penemu Pertama Terapi Epilepsi

Wilder Penfield Sang Penemu Pertama Terapi Epilepsi – Ahli saraf sekaligus penemu terapi salah satu penyakit berbahaya ini baru merayakan ulang tahun kemari pada tanggal 26 Januari. Pria yang lahir di Washington DC, Amerika Serikat ini dikenal sebagai penemu metode Prosedur Montreal bersama partnernya Herbert Jasper 68 tahun silam tepatnya pada tahun 1950.an.

Penfield merupakan penemu pertama pemetaan otak dan teknik bedah otak untuk perawatan epilepsi. Prosedur Montreal ini adalah pengobatan untuk kejang serebral yang cara kerjanya yaitu menghancurkan sel saraf dengan memberikan kejutan listrik pada pasien.

Pria ini juga dikenal banyak orang melalui eksperimen dengan stimulasi yang bermuatan pada otak dan mampu memetakan korteks sensorik dan motorik pada otak untuk menemukan jika bagian fisik otak dapat dipancing guna membangkitkan kenangan.

Dampak baik dari penemuannya tersebut adalah bisa memberikan harapan hidup untuk para pasien epilepsi dan menjadikan Negara Kanada berada di jajaran terdepan dalam bidang ilmu saraf. Penfield mendapatkan gelar sarjana dari Universitas Princeton pada tahun 1913 dan mendapatkan beasiswa Rhodes kuliah kedokteran di Merton College di Oxford pada tahun 1915. Disana ia bertemu dengan ahli medis lainnya Sir William Osler dan juga Charles Sherrington, yang membuatnya semakin mendalami ilmu saraf.

Baca juga : Terapi Epilepsi Yang Tepat

Setelah lulus, iapun melanjutkan pendidikannya ke Universitas John Hopkins dan lulus dengan gelar Master. Dirinya tidak tinggal diam setelah mendapatkan gelar master, ia langsung melakukan penelitian untuk penyembuhan epilepsi di NYNI (New York Neurogical Institute) dengan dibiayai oleh Rockefeller.

Rockefeller mengalami pemblokiran pada tahun 1928 oleh pemerintah Amerika Serikat, penfield pun langsung pindah haluan ke Quebec saat itu. Dan akhirnya iapun resmi menjadi warga negara Kanada pada tahun 1934. Pada 15 tahun terakhir di hidupnya, ia berkarir sebagai penulis novel sejarah dan biografi kesehatan. Salah satu karyanya adalah The Mysteri of the Mind pada tahun 1975, inti dari novel ini adalah menceritakan tentang pandangan dirinya tentang masalah pikiran atau otak.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: