Cara Menolong atau Membantu Orang Yang Kejang Epilepsi

Epilepsi adalah kondisi penyakit yang membuat penderitanya mengalami kejang terus-menerus atau berulang. Kerusakan fungsi otak adalah salah satu penyebab utamanya. Kondisi ini bukan sebuah kutukan seperti kata mitos, ini murni sebuah masalah kesehatan yang bisa disembuhkan.

Penyakit ini juga masuk dalam kategori Neurologi Menahun, dan bisa menyerang siapa saja, mau muda, tuda, pria, wanita, semua bisa terkena epilepsi. Meskipun ini berasal dari otak, tapi penyakit ini tidak mempengaruhi IQ, sehingga penderitanya sama dengan orang lain, bisa berprestasi juga.

Selain kejang, gejala lainnya diantaranya kelelahan parah, tiba-tiba kaku, tiba-tiba jatuh, tiba-tiba mengunyah, linglung (pikiran kemana-mana), jadi tidak bisa berkomunikasi, dan melakukan gerakan aneh secara berulang.

Cara Menolong atau Membantu Orang Yang Kejang Epilepsi

Menurut dokter spesialis saraf RSCM Astri Budikayanti, “Bentuk serangan epilepsi itu tergantung bagian mana otak yang kena. Kalau menyarang ke seluruh otak, biasanya akan tiba-tiba bengong, kemudian sadar kembali.”

Pada kebanyakan kasus, epilepsi tidak diketahui faktor penyebabnya. Tetapi ada beberapa penyebab yang diketahui seperti genetik atau turunan, trauma kepala akibat kecelakaan, fungsi otak terganggu, stroke, tumor, dan gangguan perkembangan seperti autis.

Gejala umum epilepsi seperti kejang-kejang bisa terjadi dimana dan kapan saja, besar kemungkinan juga anda suatu saat pasti akan menemukan orang yang mengalami kejang-kejang dijalan atau di suatu tempat karena epilepsi.

Baca juga : Penyebab Penyakit Epilepsi

Cara Menolong atau Membantu Orang Yang Epilepsi Rekomendasi National Institute of Neurological Disorders and Stroke :

  1. Jangan panik dan jangan memasukkan benda apapun ke mulut penderita.
  2. Jangan mengikat penderita, bantu longgarkan semua pakaiannya.
  3. Longgarkan kerah bajunya sehingga penderita bisa bernafas lega.
  4. Miringkan penderita, jika muntah jadi tidak masuk paru-paru.
  5. Jangan memegang anggota tubuhnya atau menahannya, karena itu bisa membuat penderita patah tulang.
  6. Bila keadaannya darurat, segera bawa ke rumah sakit, atau panggil ambulance.
  7. Tetap tinggal disisi orang tersebut sepanjang penderita mengalami kejang.

Bagi orang atau penderita epilepsi, wajib menghindari kegiatan atau aktivitas yang terlalu berat, lelah, perut kosong, kedinginan, kepanasan, stres, banyak pikiran, gembira berlebihan, dan juga hal lain yang sifatnya berlebihan. Dokter juga menyarankan bagi penderita supaya tidak dulu mengendarai kendaraan kecuali sudah tidak pernah lagi mengalami kejang selama 2 tahun.

Obat Epilepsi | Cara Menolong Orang Kejang

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: