10 Hal Yang Harus Anda Ketahui Tentang Virus Zika

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengeluarkan peringatan penting: Virus Zika, yang ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti, telah mencapai setidaknya 15 negara di Amerika, menurut data yang diverifikasi sejauh ini. Menurut sebagian besar nasional lembaga kesehatan, tidak ada pengobatan yang spesifik dikembangkan untuk melawan efek dari virus. Namun melalui langkah-langkah pencegahan yang memadai dan memiliki semua informasi yang tersedia yang tersedia di ujung jari anda, mudah-mudahan lebih banyak orang dapat melindungi diri mereka sendiri dengan tepat.

Menurut sebagian besar dokter, Zika biasanya menyebabkan ruam dan demam. Hanya orang-orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah berada pada risiko kematian akibat virus ini. Masalah saat ini adalah jauh lebih mengganggu efek: virus itu sendiri dapat mempengaruhi bayi dalam kandungan dan menyebabkan cacat lahir yang serius. Dalam artikel hari ini kami akan memberikan anda semua informasi tentang 10 Hal Yang Harus Anda Ketahui Tentang Virus Zika.

Apa Itu Virus Zika?

Virus Zika ini sangat mirip dengan demam berdarah dan demam kuning. Ia berasal dari wilayah Uganda dikenal sebagai Zika, maka nama itu diberikan setelah sebelumnya virus yang tidak diketahui, yang juga mempengaruhi monyet.

Penemuan itu dibuat pada tahun 1947, tetapi tidak sampai 2007 ketika virus “membuat lompatan” untuk manusia dan mempengaruhi sekitar 8.000 orang di sebuah pulau di Mikronesia, di Samudera Pasifik. Pada saat itu, gejala yang paling umum dari virus yang serius ruam, nyeri sendi, dan kelelahan.

Tapi jika tahun 2007 wabah terjadi karena transmisi dari Afrika ke Mikronesia, telah ada perubahan dalam virus antara saat itu dan 2015 ketika lebih mengkhawatirkan efek mulai diamati di Amerika, termasuk pengembangan mikrosefali pada bayi baru lahir.

Zika Adalah Virus Yang Berbeda

  • Institut Pasteur di Guyana melaksanakan studi, di mana mereka menganalisis patogen ini sekarang telah menyebar melalui banyak dari Amerika.
  • Meskipun hal itu dapat mempengaruhi jutaan orang setiap tahun, Virus Zika hanya menyebabkan kematian dalam kasus yang jarang terjadi: ketika orang-orang yang memiliki penyakit pernapasan lainnya, penyakit menular, penyakit jantung yang serius, atau kelelahan.
  • Apa yang menyebabkan saat ini tingkat alarm adalah apa yang kami sebutkan di awal artikel ini – keadaan saat ini virus Zika mempengaruhi janin, menyebabkan mikrosefali.
  • Menurut Pusat Eropa untuk Pencegahan Penyakit, antara tahun 2010 dan 2014 ada antara 150 dan 200 kasus mikrosefali yang ditemukan di Brasil. Statistik itu menjadi sangat mengkhawatirkan ketika anda mempertimbangkan bahwa di tahun 2015 ini ada 3,895 kasus.
  • Saat ini strain virus Zika berasal dari Asia genotipe dan tidak lagi terkait dengan yang pertama dikenal ketegangan yang muncul dari Zika, Uganda.

Sejarah virus yang mempengaruhi Amerika hari ini telah jelas dipetakan. Hal ini menyebabkan harapan untuk pengobatan dan vaksin segera.

Bagaimana Virus Zika Menular?

Anda kemungkinan besar jika anda digigit oleh nyamuk Aedes aegypti. Itu tidak cukup untuk hanya menerapkan menolak atau menghindari genangan air di sekitar rumah anda. Ingatlah bahwa saat ini bentuk virus juga dapat ditularkan dengan cara-cara berikut :

  • Transmisi seksual (virus tetap dalam sperma untuk waktu yang lama).
  • Infeksi Perinatal dari ibu ke janin melalui aliran darah, meskipun itu harus disebutkan bahwa hal itu tidak dapat ditransfer melalui asi.

Gejala Virus Zika

Setelah digigit oleh nyamuk yang terinfeksi itu bisa memakan waktu antara dua dan tujuh hari untuk mulai mengalami gejala pertama. Tapi ingat bahwa hanya satu dari setiap empat orang yang akan terjangkit penyakit ini. Gatal dan Ruam Kulit merupakan gejala utamanya.

Salah satu cara mudah untuk membedakan virus Zika dari alergi atau jenis lain dari reaksi kulit adalah adanya nyeri otot yang parah dan kelelahan. Komplikasi Neurologis atau autoimun yang jarang terjadi namun telah tercatat dalam beberapa bulan terakhir di Brasil.

Virus Zika dan Wanita Hamil

Seperti yang anda mungkin bisa lihat, saat ini pertanda bahwa virus Zika terdeteksi adalah meningkatkan letak di dalam mengkhawatirkan jumlah anak-anak yang dilahirkan dengan microcephaly. Ini lebih tinggi kategori risiko untuk tertular virus ini sekarang termasuk wanita yang sedang hamil atau yang sedang berusaha, dan yang tinggal di negara-negara atau daerah dengan kasus yang dilaporkan.

Daftar Negara Yang Sering Diserang Virus Zika :

Meksiko, Guatemala, El Salvador, Honduras, Haiti, Puerto Rico, Pulau Saint Martin, Guadeloupe, Martinique, Barbados, Panama, Ekuador, Kolombia, Venezuela, Guyana, Suriname, Guyana perancis, Brasil, Bolivia, dan Paraguay.

Epidemiologi buletin Brasil telah mencatat banyak kasus untuk saat ini dan mereka sudah berinvestasi hubungan virus kematian dari 46 bayi tahun ini. Selain itu, pada awal januari kematian pertama di Amerika Serikat yang baru lahir dilaporkan, untuk saat ini, masalah menjadi terus berkembang.

Untuk Wanita Hamil, Apa Yang Bisa Dilakukan?

Rekomendasi sejauh ini dari luar Amerika telah jelas, jika anda sedang hamil, jangan melakukan perjalanan ke negara-negara yang disebutkan di atas. Tapi…bagaimana dengan ibu hamil yang hidup di negara-negara tersebut? Dokter telah meminta bahwa wanita-wanita ini mengambil tindakan pencegahan berikut :

  • Kenakan baju lengan panjang dan celana panjang untuk menghindari digigit oleh nyamuk.
  • Menggunakan penolak serangga.
  • Hindari daerah sekitar rumah yang mengumpulkan air yang tergenang, seperti pot tanaman, dan mengontrol setiap daerah di mana kelembaban yang ada dan serangga dapat berkonsentrasi.
  • Tidur dengan kelambu.
  • WHO merekomendasikan bahwa semua wanita hamil atau mereka yang berusaha untuk hamil wajib konsultasi ke dokter untuk pemeriksaan rutin.

Alasan Mengapa Virus Zika Menyebabkan Cacat Lahir

Seperti yang ditunjukkan di atas, Brazil telah mengalami sebagian besar dari efek samping yang parah dari virus Zika, termasuk mikrosefali pada bayi. Hal ini ada bahwa banyak penelitian yang kini sedang dilakukan untuk menentukan penyebab dan pengobatan untuk penyakit ini.

  • Risiko mikrosefali dan cacat lahir lainnya telah dikaitkan dengan infeksi yang disebabkan oleh virus Zika selama trimester pertama kehamilan.
  • Mikrosefali adalah kondisi yang sangat langka yang baik genetik atau disebabkan oleh paparan terhadap agen lingkungan (baik toksik atau infeksi).
  • Anak-anak yang lahir dengan cacat ini jauh lebih kecil lingkar kepala dari normal, yang menghambat perkembangan mereka. Mereka mungkin menderita kejang, kesulitan makan, dan bahkan risiko kematian dalam beberapa hari pertama kehidupan.
  • Saat ini tidak ada pengobatan untuk microcephaly.

Baca juga : Yang Harus Dilakukan Saat Kejang Tiba-tiba

Bagaimana Cara Mengetahui Apakah Bayi Mikrosefali?

Microcephaly dapat didiagnosis dalam kandungan melalui usg. Tetapi untuk melakukan hal ini secara akurat, anda harus menunggu sampai trimester ketiga, dan bahkan hasil-hasil ini tidak selalu dapat diandalkan. Diagnosis biasanya dibuat setelah pengiriman. Ada derajat keparahan yang berbeda untuk microcephaly dan beberapa anak-anak, dengan dukungan yang memadai, mungkin pergi untuk hidup yang lebih atau kurang normal kehidupan. Namun demikian, mikrosefali hampir selalu dikaitkan dengan beberapa jenis ketidakmampuan belajar.

Kesimpulan

Virus Zika saat ini berlaku di 18 negara dan wilayah di seluruh Amerika Latin, dan ini bisa segera diperluas ke 20 wilayah dan negara lainnya. Berita terbaru adalah bahwa virus Zika semakin dekat ke Jamaika dan Karibia pada umumnya. Lembaga medis merekomendasikan bahwa wanita harus menunda kehamilan sebanyak mungkin pada saat ini wabah dan melindungi diri dari nyamuk.

Sangat penting anda wajib untuk konsultasi ke dokter jika anda menduga akan mengalami gejala-gejala dari virus zika, dan jangan ragu untuk mengikuti semua rekomendasi mereka. Saat ini, penelitian telah mampu melacak dimana virus ini, dari mana dia berasal, dan bagaimana hal itu menyebar, sehingga ada harapan untuk segera melakukan vaksin.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: