Apakah Benar Ganja Bisa Menyembuhkan Epilepsi?

Apakah Benar Ganja Bisa Menyembuhkan Epilepsi? – Berita tentang ganja bisa dijadikan sebagai obat memang hampir semua orang mengetahuinya. Tapi manfaatnya masih pro kontra karena ganja ini masih dianggap sebagai salah satu jenis narkoba yang ilegal di Indonesia.

Para peneliti profesional membuktikan bahwa ganja memiliki manfaat untuk menyembuhkan epilepsi. Manfaat tersebut berasal dari senyawa ganja yang disebut cannabidiol.

Apakah Benar Ganja Bisa Menyembuhkan Epilepsi?

Senyawa ini mempunyai sifat berbeda dengan yang lainnya dalam ganja, yang biasa disebut dengan Tetrahydrocannabinol dimana ini adalah bahan kimia utama yang ada pada ganja. Senyawa ini bisa membuat para pecandunya merasakan giting atau merasakan bahagia.

Seperti yang diinformasikan oleh CNN Indonesia, penelitian tersebut dilakukan pada 60 orang penderita epilepsi parah. Setelah mereka diberikan dosis CBD, gejala kejangnya menurun menjadi 6x perbulan yang asalnya 12x.

Kejang-kejang pada penderita epilepsi parah itu sangat membahayakan karena bisa mengakibatkan kematian. Pada proses pengobatan, CBD biasanya diberikan dalam bentuk minyak. Senyawa inipun dapat bekerja dengan berinteraksi pada reseptor saraf.

Hasil dari penelitian tersebut diberitakan kalau tiga pasien kejangnya berhenti atau bisa dikatakan sembuh. Tapi dibalik itu semua, ada efek samping yang akan dirasakan seperti muntah dan diare setelah menggunakan minyak tersebut.

Baca juga : Cara Menolong Orang Yang Kejang

Seseorang dilarang menggunakan ganja secara bebas hanya karena memiliki manfaat dalam salah satu senyawa nya baik untuk kesehatan. Jadi, ganja itu hanya diperbolehkan untuk menangani kesehatan dan itupun dalam jumlah yang terbatas.

Pada tahun 2013 ada seorang gadis berusia 8 tahun yang berasal dari Colorado, Amerika Serikat menjadi sorotan publik dan media karena mengalami sindrom dravet. Gadis itu langsung mengalami perubahan drastis alias sembuh setelah menggunakan senyawa CBD. Kisah inipun menjadi awal mula para peneliti melakukan penelitian pada manfaat CBD.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: