14 Gangguan Psikologis Aneh Yang Perlu Anda Ketahui

Saat ini pikiran manusia tetap menjadi salah satu yang terbesar yang diketahui di dunia. Delirium, disosiatif, pengalaman-pengalaman luar biasa, kelainan otak dan masih banyak lagi yang kebetulan akan kami bahas hari ini.

Saat kebanyakan orang telah mendengar tentang gangguan mental seperti skizofrenia dan gangguan obsesif-kompulsif, ada daftar panjang lain kondisi psikologis yang sangat aneh dan tidak biasa.

Dalam artikel hari ini kita akan berbicara tentang daftar 14 Gangguan Psikologis Aneh Yang Perlu Anda Ketahui, masalah mental yang demikian mempengaruhi orang-orang biasa.

1. Capgras Delusion

Penderita ini yakin bahwa seseorang yang dekat dengan mereka telah digantikan oleh yang identik sebagai penipu. Jenis delirium adalah lebih umum pada orang dengan skizofrenia, meskipun hal ini juga terjadi pada pasien dengan demensia, epilepsi, atau cedera kepala.

Baca juga : Cara Mengobati Epilepsi Pada Ibu Hamil

2. Sindrom Fregoli

Ini adalah kebalikan dari Capgras Delusion. Dalam kasus Sindrom Fregoli, tertekan menderita percaya bahwa orang-orang yang berbeda, pada kenyataannya, orang yang sama yang mampu mengubah penampilan mereka dan menyamar sebagai orang lain.

3. Cotard’s Delirium

Orang yang terkena ini memiliki keyakinan delusional bahwa ia sudah mati dan tidak ada. Mereka percaya bahwa tubuh mereka sudah membusuk atau mereka telah kehilangan semua darah dan organ-organ internal. Itu diamati paling sering pada pasien dengan depresi psikotik atau skizofrenia.

4. Paramnesia

Gangguan ini ditandai dengan keyakinan delusi bahwa tempat yang telah direplikasi – bahwa ada dua secara bersamaan ada salinan dari tempat yang sama. Sebagai contoh, pasien mungkin percaya bahwa rumah sakit di mana mereka tinggal telah disalin dan juga ada di tempat lain. Seolah-olah mereka merasa seperti mereka sedang mengalami dunia paralel.

5. Sindrom Tangan Alien

Orang-orang yang menderita gangguan ini percaya bahwa tangan mereka tidak menjadi milik mereka sendiri, tetapi bahwa ia memiliki lembaga sendiri. Terkadang orang-orang dengan Sindrom Tangan Alien percaya bahwa mereka telah dirasuki oleh roh atau sesuatu yang serupa. Umumnya, ini terjadi pada orang yang telah menderita kerusakan corpus callosum, yang menghubungkan dua belahan otak.

6. Micropsia atau Macropsia

Ini adalah kondisi neurologis di mana persepsi dari gambar, ruang, dan waktu menjadi terdistorsi. Yang paling mengganggu adalah gejala perubahan citra tubuh, karena penderita mungkin bingung tentang ukuran dan bentuk dari bagian tubuh mereka sendiri. Hal ini menyebabkan ketakutan yang sangat nyata.

Hal ini sangat berhubungan dengan migrain, tumor otak, penggunaan narkoba, dan infeksi. Pengobatan terbaik adalah istirahat secukupnya. Hal ini kadang-kadang juga disebut sebagai “Alice in Wonderland” Sindrom.

7. Jerusalem Syndrome

Jerusalem Syndrome ditandai oleh adanya ide-ide obsesif, delusi, atau tema-tema lain yang berkaitan dengan pengalaman keagamaan. Mereka dipicu oleh kunjungan ke kota Yerusalem.

Sindrom ini tidak hanya terbatas pada agama tertentu dan ini sering terjadi pada orang yang memiliki sejarah penyakit mental sebelum mereka tinggal di Yerusalem. Delusi atau pikiran obsesif cenderung menghilang setelah beberapa hari jauh dari daerah.

8. Paris Syndrome

Paris Syndrome telah diamati pada orang warga negara Jepang yang berkunjung ke ibukota perancis. Mereka sering menderita gangguan saraf selama kunjungan mereka, tapi itu juga telah diamati di Jepang turis di belahan dunia lainnya.

Hal ini tampaknya menjadi kasus yang parah dari culture shock, yang menyebabkan gejala fisik dan emosional dari kecemasan, termasuk kehilangan realitas, delusi, halusinasi, dan banyak lagi.

Dari enam juta wisatawan Jepang yang berkunjung ke Paris setiap tahun, hanya sekitar 20 yang terpengaruh. Diduga pemicu mungkin idealisasi, hambatan bahasa, kelelahan fisik dan mental, dan konfrontasi dengan radikal berbeda kebiasaan dan budaya.

9. Disosiatif Fugue

Orang yang menderita episode ini tiba-tiba dan bingung mengembara dari satu tempat ke tempat tanpa menyadari identitas mereka dan alasan yang menyebabkan mereka di sana. Umumnya episode ini dipicu oleh penderitaan, masa yang kuat dari stres emosional dan fisik, konsumsi obat psikotik, dan kondisi medis tertentu.

10. Sindrom Aksen Asing

Sindrom ini adalah orang yang menderita berbicara dalam bahasa asli mereka dengan aksen asing. Ini adalah gangguan langka yang biasanya menyerang setelah mengalami cedera kepala, atau cedera yang mempengaruhi otak inti dari pidato.

11. Sindrom Stockholm

Ini ditandai dengan simpati dan loyalitas yang dirasakan oleh diculik orang terhadap mereka penculik. Hal ini telah dijelaskan dalam kasus-kasus penculikan, perkosaan, penganiayaan anak, penyalahgunaan pasangan, dan banyak lagi. Anehnya, sindrom ini menerima namanya setelah sebuah perampokan bank di Stockholm (Swedia) pada tahun 1973. Para sandera itu begitu melekat pada mereka penculik yang banyak menolak untuk bersaksi melawan mereka.

12. Lima Sindrom

Ini adalah kebalikan dari sindrom Stockholm. Di sini, para sandera akhirnya memunculkan simpati dari penculik mereka, yang menyerah pada keinginan dan kebutuhan mereka. Itu mungkin bahwa reaksi ini muncul dari perasaan bersalah dan kebingungan moral pada bagian dari para penculik.

Nama ini berasal dari situasi penyanderaan di Kedutaan besar Jepang di Lima (Peru). 14 anggota dari Tupac Amaru Gerakan Revolusioner yang digelar ratusan sandera selama beberapa hari, termasuk diplomat dan militer. Namun seiring waktu, para sandera dibebaskan oleh penyerang mereka karena mereka mulai memahami situasi mereka telah menciptakan.

13. Stendhal Syndrome

Stendhal Syndrome ditandai dengan fisik dan emosional kecemasan, pengalaman disosiatif, kebingungan, dan bahkan halusinasi bahwa seseorang memiliki ketika mereka merenungkan sebuah karya seni.

Hal ini biasanya terjadi ketika mereka melihat seorang yang sangat indah atau berlebihan karya seni terkonsentrasi di satu area. Anda bisa memberikan label yang sama untuk seseorang yang ekstrim respon ketika dihadapkan dengan berjuta keindahan di alam dunia. Biasanya pengalaman yang terbatas dan individu yang terkena tidak perlu lagi intervensi dari minimal mendukung langkah-langkah.

14. Penimbunan

Sindrom ini ditandai dengan isolasi sosial, apatis, dan kompulsif koleksi dari sampah. Hal ini diamati terutama pada orang tua dan dikaitkan dengan demensia progresif. Mari kita membahas beberapa perilaku aneh dari orang yang memberi nama untuk gangguan ini.

Diogenes dari Sinope (412 atau 404 SM sampai tahun 323 SM). Dia adalah seorang filsuf yunani yang sinis dan minimalis. Filsafat didasarkan pada keyakinan bahwa makna hidup dapat ditemukan dalam kebajikan, hidup sesuai dengan alam, dan menolak semua konvensional keinginan (kekayaan, kekuasaan, ketenaran).

Dia dikatakan telah tinggal di sebuah tong anggur di jalan-jalan Athena, dan terkenal untuk nya chutzpah nya kurang ajar sikap dalam interaksi dengan Alexander the Great. Pada satu kesempatan, Alexander mengatakan Diogenes, “Minta dari padaku apa saja yang kau inginkan.” Diogenes menjawab, “Menghapus apa pun yang melindungi saya dari matahari.”

Gangguan yang telah kami jelaskan semua dalam artikel ini adalah hanya beberapa dari daftar besar menakjubkan gangguan psikologis yang akan membuat anda tertegun. Kami harap anda menikmati dengan bacaan ini dan memberikan anda wawasan lebih luas lagi, Terimakasih 🙂

Obat Epilepsi | Gangguan Psikologis Aneh

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: