Penyakit Epilepsi Menular atau Tidak? Jawabannya Ada Disini

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, saat ini banyak diantara kita yang menganggap bahwa penyakit epilepsi ini adalah kejang-kejang dan dari mulut pasien mengeluarkan ludah seperti overdosis. Tidak sedikit juga yang menyangka kalau epilepsi ini bisa menular, apakah benar bisa?

Penyakit Epilepsi Menular atau Tidak? Jawabannya Ada Disini

Gejala dari epilepsi ini adalah kejang yang terjadi secara sering dan berulang-ulang. Mungkin anda juga pernah melihat orang yang mengalami epilepsi ini menderita kejang di seluruh tubuhnya sehingga membuat pasien tersebut hilang kesadaran.

Menurut Dr. Suryani Gunadharma, SpS (K), sebenarnya tidak semua kejang pada epilepsi itu jenisnya sama. Tergantung dari bagian otaknya masing-masing yang terserangnya yang mana. Kata dokter tersebut “Epilepsi itu tidak hanya menyerang seluruh tubuh saja, bisa juga menyerang salah satu bagian tubuh saja, seperti kaki, tangan, dan mulut. Kejang juga bisa hanya berhenti bernafas dan kehilangan kesadaran tapi tidak pingsan.”

Baca juga :

Penyebab Epilepsi Secara Umum

Gangguan pada sinyal listrik di bagian otak merupakan penyebab dari epilepsi terjadi. Saat melakukan pemberian perintah, saraf pada otak bisa mengalirkan listrik ke satu sama lain. Jika terjadi gangguan, maka otomatis kejang pun akan muncul. Cara membedakan apakah orang itu menderita epilepsi atau tidak itu bisa dilihat dari intensitas kejangnya yang berulang. Jika pasien mengalaminya hanya satu kali, itu tidak masalah. Sebaliknya, apabila terjadi secara berulang-ulang, maka orang itu bisa dipastikan mengalami epilepsi.

Penyebab Epilepsi Dibagi Tiga :

  • Epilepsi Idiopatik. Penyebabnya belum bisa diketahui.
  • Epilepsi Simtomatik. Penyebabnya karena cedera kepala parah.
  • Epilepsi Kriptogenik. Penyebabnya masih dalam penelitian para ahli.

Penyakit Epilepsi Menular atau Tidak?

Banyak sekali selama ini persepsi-persepsi yang menyebutkan bahwa epilepsi bisa menular, sehingga para penderitanya seringkali dikucilkan oleh teman-teman atau kerabat disekitarnya. Padahal sebenarnya, epilepsi itu sama sekali tidak menular, walaupun anda berinteraksi langsung dengan penderita, dan saat penderita mengalami kejang sekalipun.

Penyakit Epilepsi Bisa Disembuhkan atau Tidak?

Dengan melakukan gaya hidup yang sehat, dan juga pengobatan yang tepat contohnya dengan mengkonsumsi QnC Jelly Gamat, Dr. Suryani memastikan para penderita epilepsi bisa kembali normal tanpa terserang kembali. Pengobatannya pun harus dilakukan secara teratur, dan dosis yang tepat tentunya.

Obat Epilepsi | Epilepsi Menular atau Tidak?

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: